Nominasi Adiwiyata, Sudahkah Cukup..?

Posted by Spensa Selasa, Juni 22, 2010, under |



Tahun 2010 ini, SMP Negeri 1 Barru mendapat kesempatan untuk turut berpartisipasi mengikuti seleksi penghargaan sekolah adiwiyata. SKPD Dinas Lingkungan Hidup telah menunjuk SMP Negeri 1 Barru sebagai salah satu sekolah yang mewakili Kabupaten Barru dalam ajang tersebut.


Sebenarnya penganugrahan ini merupakan kali kelima sejak kementerian Negara Lingkungan Hidup mulai mencanangkan program penghargaan adiwiyata tahun 2006 silam. Yang mana merupakan tindak lanjut terhadap MoU antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dan Menteri Pendidikan Nasional pada bulan juni tahun sebelumnya.

Penghargaan adiwiyata ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan melalui lembaga pendidikan formal mulai Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas se Indonesia. Proses seleksinya didasarkan pada 4 kriteria yang meliputi :

  • Pengembangan kebijakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan
  • Pengembangan kurikulum berbasis lingkungan
  • Pengembangan kegiatan berbasis partisipatif dan,
  • Pengelolaan dan atau pengembangan sarana pendukung sekolah.
Penghargaan Adiwiyata terbagi dalam 3 kategori yaitu Sekolah Adiwiyata Mandiri, Sekolah Adiwiyata, dan Sekolah Calon Adiwiyata. Adiwiyata Mandiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang mampu mempertahankan program-program lingkungan hidup mereka selama tiga tahun berturut-turut.

Tanggal 10 Juni 2010 'pekan lalu', Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Barru mendapat undangan dari Gubernur Sulawesi Selatan untuk menerima nominasi sertifikat calon model sekolah adiwiyata.




Untuk wilayah Sumapapua (Sulawesi Maluku dan papua), yang mendapat kategori sekolah adiwiyata ada 3 sekolah, yaitu:

  1. SD Islam Athirah Bukit Baruga Kota Makassar, Sulawesi Selatan
  2. SMAN 7 Kota Manado, Sulawesi Utara
  3. SMAN 4 Kota Ternate, Maluku Utara

Ketiga sekolah ini pada tahun lalu merupakan peraih sekolah calon adiwiyata. Oleh karena itu Bapak Syahrul Yasin Limpo dalam arahannya mengharapkan sekolah yang masuk nominasi calon adiwiyata sekarang bisa meraih sekolah adiwiyata tahun depan. (Ibn.)






.

Spensa on Facebook